3 Jenis Modal Usaha Dalam Mengembangkan Bisnis Anda

Seperti dikathaui bahwa modal merupakan salah satu faktor terpenting yang sangat diperlukan untuk membuka usaha UKM. Modal yang diperlukan dapat dibagi menjadi tiga : modal investasi awal, modal kerja, dan modal operasional.

Apabila ketiga modal ini sudah anda kuasai, selanjutnya pikirkan bagaimana caranya agar modalnya bisa terkumpul dan tepat guna ? Di bawah ini kami berikan tiga cara untuk mengumpulkan modal usaha :

1). Modal sendiri

Pertama adalah apabila anda berhasrat untuk membuka usaha UKM, anda harus bisa memanfaatkan modal tersebut untuk kebutuhan awal perusahaan yang baru anda rilis, caranya bisa dengan mengambil dari simpanan bank yang anda miliki saat ini, entah itu berupa tabungan atau deposito, atau dengan menjual aset yang anda punya agar memiliki sejumlah uang tunai untuk membeli keperluan awal.

Sebagai contoh, banyak orang yang berani menjual sepeda motornya hanya untuk dijadikan sebagai modal usaha, atau menjual perhiasan yang dimiliki.

Menjual barang dengan tujuan untuk menambah modal usaha adalah hal luarbiasa yang anda lakukan. Yang paling penting, jangan terlalu merasa berat hati untuk menjual beberapa aset kesayangan anda guna menambah modal usaha.

Contohnya, kalau anda sedang tidak mempunyai uang untuk modal usaha maka jalan terbaik adalah harus menjual koleksi perhiasan mahal anda, apabila usaha yang sudah dirintis mampu berjalan lancar, maka anda tbisa membeli lagi beberapa pasang perhiasan mahal yang lebih bagus.

2). Meminjam

Meminjam uang untuk modal usaha yang baru dirintis kerap dilakukan orang karena dengan meminjam, seringkali usaha yang akan anda harapkan dapat beroperasi dengan lancar sehingga akan mewujudkan impian anda menjadi pengusaha sukses.

Cara ini lebih baik daripada anda harus menunggu hingga modal terkumpul dalam jumlah besar. Hanya saja, karena modal yang ada berasal dari meminjam, maka anda harus memperhatikan cash flow setiap hari.

Hal ini diperlukan karena anda wajib mengembalikan uang pinjaman tersebut dalam jangka wakty yang sudah ditentukan seperti secara bulanan, 6 bulanan, atau mungkin tahunan.

Dalam hal meminjam, bahwa banyak pengusaha yang seringkali terlalu fokus kepada bagaimana cara mereka bisa mendapatkan pinjaman, tetapi mereka lupa bahwa mereka harus berpikir keras tentang bagaimana cara mengembalikan pinjaman tersebut.

Jadi, ketika akan meminjam, cobalah untuk mulai memikirkan bagaimana caranya agar anda bisa mengembalikan pinjaman tepat waktu. Perhatikan tips praktis dari kami : jangan terlalu optimis bahwa pendapatan dari usaha yang baru anda rintis pasti dalam jumlah besar, biasanya dibulan – bulan pertama hanya mampu mengumpulkan beberapa pundi rupiah saja.

Jika ingin pendapatan anda bertambah, buatlah perkiraan sepesimis mungkin. Dari perkiraan yang pesimis inilah anda diharapkan mampu melakukan penilaian apakah bisa mengembalikan uang pinjaman dengan lancar atau tidak.

3). Kerjasama

Daripada anda memutuskan memakai dana milik sendiri semuanya, atau meminjam, mengapa tidak berusaha dengan cara lain seperti mencoba menjalin kerjasama dengan orang lain yang lebih profesional ? Dengan menjalin kerja sama yang baik, maka risiko kegagalan usaha yang baru anda rintis bisa lebih kecil karena resiko tersebut harus dibagi bersama teman – teman kerja anda.

Hanya saja keuntungan yang anda peroleh tentu harus dibagi seperti halnya resiko kerugian. Masalah lain yang kemungkinan dihadapi adalah adakah orang yang mau kerjasama dengan anda ?

Hal itu tergantung apakah niat anda bisa tersalurkan dengan baik yaitu bermaksud menawarkan keuntungan yang sifatnya nyata terhadap usaha yang anda tawarkan kepada mereka.

Anda juga dituntut harus bisa memberikan pendekatan yang jitu, tidak sombong pada orang – orang yang ingin dajak kerjasama serta bisa memberikan pengarahan.

Nah, setelah membaca ulasan kami tersebut di atas, sekarang anda sudah tahu bagaimana cara mengumpulkan modal untuk membuka sebuah usaha meskipun hanya dalam skala kecil. Mudah -mudahan dari tiga pilihan tersebut di atas, bisa menentukan pilihan mana yang tepat untuk anda ambil.

Baca Juga : Karakter Berikut Ini Yang Akan Membuat Anda Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *