5 Sikap Yang Harus Di Miliki Bila Ingin Menjadi Pengusaha Sukses

Sebuah bisnis UKM yang baru dirintis memang tidak bisa berjalan lancar tanpa modal. Karena modal merupakan pondasi kuat sebuah perusahaan bisa berjalan dengan sukses, walaupun modal itu sendiri tak akan pernah bisa bekerja secara optimal tanpa didorong oleh sikap – sikap positif dari calon pengusaha dan team work yang akan membantu.

Sikap positif yang dimaksud adalah sikap yang dapat dijadikan sebagai pedoman utama agar anda bisa dibimbing menjadi pengusaha sukses.

1).  Memiliki gairah pada bisnis

Bekerja yang anda lakukan sehari – hari haruslah berlandaskan sikap menyenangkan. Karena dari sini akan memicu munculnya gairah untuk membantu mengatasi kondisi tersulit dan diharapkan mampu mempengaruhi orang – orang di sekitar anda untuk bekerjasama dan mulai membuka usaha jenis UKM atau dalam skala besar.

Gairah tidak bisa muncul dengan sendirinya sehingga anda membutuhkan pelatihan khusus untuk mendapatkan jiwa seorang pengusaha.

Baca Juga : 3 Jenis Modal Usaha Dalam Mengembangkan Bisnis Anda

Dalam kondisi kritis, sangat mudah memicu munculnya rasa khawatir karena masa – masa sulit adalah tenggang waktu dimana anda seharusnya bisa menenangkan diri. Apakah itu satu jam atau satu minggu, ambil alasan yang paling tepat anda manfaatkan untuk nantinya kembali bangkit dan memulai bisnis.

Koreksi diri, bisnis apa selanjutnya yang akan anda rintis, apakah berupa kerjasama atau menjadi bos sendiri. Yang terpenting adalah harus bisa memperbaharui gairah hidup anda.

2).  Buatlah contoh kepercayaan.

Orang – orang yang suka berbisnis biasanya memiliki keyakinan terhadap mereka yang dapat dipercaya dan berniat ingin bekerjasama untuk mereka dalam budaya integritas. Hal yang sama diharapkan berlaku juga terhadap semua pelanggan.

3).  Jadilah fleksibel, kecuali dengan nilai – nilai inti.

Mengingat bahwa rencana dan strategi berbisnis akan sewaktu – waktu dapat berubah seiring dengan beragam faktor yang mempengaruhi, maka sangat dibutuhkan fleksibilitas untuk perubahan yang cepat adalah faktor utama yang wajib dimiliki saat anda berniat membuka sebuah bisnis kecil hingga bisnis berskala besar.

Hal ini berlaku juga untuk perencanaan keuntungan dan biaya operasional, namun tidak ada kompromi terhadap nilai – nilai inti.

4). Jangan biarkan rasa takut dan gagal menghinggapi anda saat pertama kali mencoba berbisnis.

Kegagalan merupakan sebuah kesempatan besar untuk dapat kembali belajar atau koreksi terhadap diri sendiri. Kondisi ini mungkin juga terjadi dimana-mana, tetapi hampir semua keadaan pada bisnis UKM adalah sama, dimana pemilik modal lebih suka menginvestasikan uang mereka pada seorang individu yang terpercaya untuk mencoba suatu usaha meskipun kegagalan kemungkinan besar akan terjadi tapi dengan mendirikan sebuah perusahaan dibandingkan terhadap seseorang yang takut mencoba berisiko besar untuk kegagalan mencoba merintis usaha pertama kali.

5). Membuat keputusan tepat waktu.

Andalkan intuisi anda untuk membuat perencanaan dan pemikiran yang tepat. Hindari menunda keberuntungan yang ada sebab bisa menyebabkan kehilangan kesempatan.

Masing – masing dari anda pastilah mengetahui bahwa untuk meraih kesuksesan tentu dibutuhkan kerja keras yang terencana. Konsistensi dalam fokus dan disiplin akan menciptakan kondisi bekerja yang nyaman sehingga memudahkan meraih sukses serta hindari rasa malas.

Seperti anda melakukan sesuatu secara terjadwal dan terus – menerus, lakukanlah setiap hari atau sesuai jadwal terencana, niscaya usaha anda berjalan lancar.

Baca Juga : 3 Ide Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan Untuk Di Jalankan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *