Anda Memiliki Banyak Motor : Berikut Tips Usaha Rental Sepeda Motor

Jika sekali waktu anda merasa malas untuk bepergian sendiri saat melakukan perjalanan wisata misalnya ke pulau Bali.

Perusahaan – perusahaan tur menyediakan petualangan berpemandu atau semi berpemandu di pulau tersebut yang bisa mengantar anda keliling kawasan wisata dengan perasaan aman dan nyaman.

Anda bahkan dapat mengatur jadwal tur dengan memakai sepeda motor atau pesiar yang anggun dengan memakai mobil mewah.

Beberapa perusahaan rental sepeda motor di Bali juga menawarkan tur berboncengan sepeda motor untuk orang – orang yang tidak biasa mengemudikan motor.

Untitled

Perusahaan penyewaan motor biasa menggunakan merek – merek seperti Harley Davidson, BMW, Yamaha, Honda dan Suzuki. Penyewaan yang disediakan adalah satu kali jalan, tergantung dari perusahaan penyewaan yang anda pilih.

Baca Juga : Bentuk-Bentuk Kepemilikan Bisnis Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Membuka Perusahaan

Erat hubungannya dengan penjelasan tersebut di atas, rental sepeda motor menjadi bisnis UKM yang menjanjikan keuntungan besar bagi si pelaku bisnis, jika anda berminat silahkan membaca saran kami di bawah ini agar usaha yang akan anda rintis dapat berjalan lancar :

1). Pilih lokasi usaha yang strategis.

Tips pertama sukses menjalankan bisnis dan usaha rental motor adalah jitu memilih lokasi usaha rental yang tepat dan strategis.

Lokasi tersebut berada di tempat – tempat yang mudah diakses. Kawasan sekitar kampus dan sekitar lokasi wisata atau kompleks perkantoran dan rumah penduduk adalah contohnya. Lokasi – lokasi tersebut cukup bagus untuk membuka usaha rental motor.

2). Mempunyai stok kendaraan cukup.

Rental motor yang sedang dijalankan hendaknya mempunyai persediaan sepeda motor dalam jumlah cukup memadai yaitu minimal 3 atau 4 motor.

Motor – motor tersebut harus dalam kondisi bagus dan tak ada kerusakan berarti. Lengkapilah motor anda dengan berbagai merk dan jenis motor ( seperti matic dan non matic ).

3). Lengkapi dengan surat – menyurat lengkap.

Agar usaha anda mudah mendapat pelanggan, maka motor – motor tersebut harus dilengkapi dengan surat – menyurat yang lengkap seperti STNK atau pun surat pendukung lainnya.

Hal ini penting diperhatikan guna menghindari hal – hal yang tak diinginkan misalnya terkena tilang pihak kepolisian lalu lintas.

4). Sertakan syarat untuk konsumen

Konsumen pengguna jasa rental motor pada umumnya berasal dari beragam latar belakang hingga para turis mancanegara.

Anda perlu menetapkan syarat – syarat tertentu guna keamanan motor anda dan si pengemudi. Misalnya konsumen wajib menyerahkan identitas lengkap (KTP/KTM), mengisi formulir, menyertakan nomor kontak, penduduk asli, dan lain sebainya.

Hal ini juga bertujuan untuk mengantisipasi penipuan, maka dari itu selektiflah memilih konsumen. Bila perlu nomor penjamin dari pihak konsumen harus disertakan. Namun syarat – syarat tersebut jangan sampai membuat konsumen merasa terbebani.

5). Tetapkan harga yang pantas dan terjangkau.

Banderol harga bisnis dan usaha rental motor anda sewajarnya saja bagi konsumen. Nilai tersebut berkisar antara 50 ribu hingga 75 ribu perhari (24 jam).

Ada juga beberapa pihak rental yang menetapkan jangka waktu tertentu missal 3 jam, 6 jam, dan seterusnya.

6). Layani dengan ramah.

Konsumen akan merasa nyaman dan aman jika dilayani dengan ramah dan sopan. Maka dari itu perlakukan konsumen pengguna rental motor anda dengan layak.

Jika danggap perlu, berikanlah diskon atau bonus bagi konsumen yang setia atau bisa pula memberikan souvenir pada konsumen anda.

7). Lengkapi dengan GPS.

Untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, maka motor yang akan anda sewakan hendaknya memakai GPS (global positioning system) yang ditanamkan pada motor.

Alat ini berfungsi menentukan lokasi dimana motor anda sedang berada sehingga aman ketika disewakan dan digunakan oleh pelanggan. GPS membantu konsumen mencari rute yang dituju dengan tepat waktu dan tidak nyasar.

8). Promosikan lewat berbagai cara.

Bisnis UKM rental sepeda motor yang akan anda rintis harus dipromosikan melalui banyak cara seperti dari mulut ke mulut, brosur, media sosial, iklan di media, dan sebagainya.

Cara – cara tersebut sangat membantu anda dalam menggaet calon konsumen dalam jumlah besar.

Itulah beberapa tips sukses yang patut anda beri perhatian khusus agar dalam menjalankan bisnis dan usaha rental motor bisa sesuai dengan target pemasaran.

Sangat mudah bukan melakoni peluang bisnis ini yang ternyata sangat mudah meraup keuntungan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Tips Sebelum Membuka dan Memulai Bisnis Kuliner Jualan Soto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *