Anda Punya Hobi : Ini Dia Tips Menjadikan Hobi Sebagai Bisnis

Mempunyai sebuah bisnis yang sukses meskipun dalam skala kecil memang sangat menyenangkan.

Apalagi jika bisnis tersebut berasal dari hobi atau kegemaran dan keahlian. Banyak pakar menyarankan agar orang-orang yang akan terjun ke dunia bisnis haruslah berani memilih salah satu jenis bisnis apa yang anda suka dan apakah sesuai dengan hobi?

Apakah ada hubungan antara bisnis berlatar belakang hobi ini ? Menurut beberapa pebisnis, bisnis yang berjalan sukses karena memiliki dasar hobi akan memberi pengaruh kuat terhadap para pelakunya untuk melakukan segala aktivitas bisnis dengan rasa senang dan segenap hati.

Untitled

Apalagi disertai dengan semangat kaula muda dan tidak ada kata terlambat untuk mencoba berbisnis disertai banyak memiliki waktu senggang dan modal yang cukup.

Maka siapapun anda, baik itu yang pensiunan hingga fresh graduate, sebelum memutuskan untuk memulai bisnis UKM dari hobi, kami sarankan menyimak tips praktis di bawah ini demi kelancaran usaha anda :

1). Kenali Pasar Anda

Sebelum memutuskan untuk memulai bisnis baru, sebaiknya cari tahu seperti apa target pasar bisnis yang akan dikejar ?

Apakah pasar sasaran tersebut masih tersedia ? Jika anda tidak melakukannya, maka modal bisnis yang telah dikeluarkan untuk keperluan modal awal akan berakhir sia – sia.

Karenanya, menurut Sandra Altner, CEO dari Women’s Enterprise Centre of Manitoba di USA, mulailah melakukan riset dengan melakukan hal–hal kecil sebagai berikut : sekecil atau sebesar apapun bisnis anda, harus diawali dengan membuat rencana bisnis yang mendetail.

Selain bisa membantu mengenal pasar sasaran, anda jadi  tahu siapakah yang akan menjadi kompetitor bisnis dan akhirnya mampu menentukan harga jual yang tepat serta bersaing. Walaupun anda sudah menguasai skill serta didukung oleh hobi, belum tentu anda tahu tentang cara mengelola sebuah bisnis yang benar.

Nah, jika anda belum merasa profesional, ada baiknya mulai sekarang mengikuti kursus singkat tentang bisnis atau berkonsultasi dengan pebisnis yang telah sukses sejak jaman dahulu.

2). Peka Dan Cermat Melihat Peluang

Bersiaplah untuk berani bertemu dengan pasang dan surut dunia bisnis. Apa yang terjadi di sekeliling anda saat ini seperti harga BBM dan sembako yang naik atau turun, apakah bisa memberikan efek buruk terhadap bisnis yang sedang anda tekuni ?

Karenanya, anda harus sadar sejak dini terhadap perubahan paling buruk yang akan terjadi di sekitar anda erat kaitannya dengan kesuksesan anda dalam berbisnis.

Brian Dougherty, seorang pensiunan yang memulai bisnis fotografi menyarankan agar para pebisnis tegas dan berani untuk selalu membuat investasi kecil di luar bisnis utama yang menjadi fokus management perusahaan, sehingga diantara mereka bisa saling menopang kelancaran jalannya bisnis yang baru dirilis.

3). Jangan Terburu – buru

Karena pada awalnya andalah yang akan memimpin dan menjalankan bisnis, cermatilah perihal waktu.

Hindari langsung paksakan diri untuk mencari keutungan sebanyak – banyaknya dengan cara mengambil order pekerjaan yang mudah menyita waktu anda ketika mulai menekuni bisnis, biasanya sebagai permulaan, pilihlah pekerjaan atau orderan yang ringan.

Baca Juga :

Hindari membuat bisnis baru yang membutuhkan ruang tersendiri untuk menjalankannya, apalagi anda sedang sibuk mengontrol perusahaan lama. Dan masih banyak hal – hal lainnya yang harus anda pelajari terlebih dahulu dengan serius.

Bagaimana, apakah anda berencana untuk memulai sebuah bisnis UKM berlatarbelakang hobi ? Selamat mencoba, semoga sukses !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tutorial Bisnis dan Internet Marketing © 2018 Frontier Theme