Berikut Ini Ide Usaha Ikan Hias Menguntungkan Yang Bisa Anda Jalankan

Ide Usaha Ikan Hias – Budidaya ikan hias di Indonesia telah lama dikenal oleh masyarakat dunia seperti budidaya ikan Arwana, ikan Mas, ikan Nila, ikan cupang, dll.

Para kolektor ikan hias ini rela mengeluarkan uang hingga ratusan juta rupiah demi untuk memenuhi hasrat dan hobi mahal mereka.

Bagaimana menurut anda, apakah anda tertarik untuk memulai bisnis ikan hias yang rata – rata memberikan keuntungan bagi si pelaku bisnis ?

Untitled

Jika anda benar–benar berminat, maka dalam memulai bisnis ikan hias sebagiknya anda memilih ikan hias yang paling populer di mata masyarakat awam dengan nilai jual sangat mahal seperti ikan Koi,  ikan  Arwana atau ikan Siluk (nilai beli ikan Arwana atau Siluk mampu mencapai hingga ratusan juta bahkan milyaran) dan ikan Arwana sangat populer di mancanegara terutama negara–negara asia.

Kiat dan tips memulai bisnis ikan hias adalah :

Modal

Masing – masing usaha atau bisnis tentulah membutuhkan  modal, namun beberapa pengusaha kerap melalaikan modal usaha lainnya agar bisnis menjadi lancar seperti modal berupa non uang dan materi adalah ruang lingkup modal dalam artian yang sangat luas seperti modal ilmu pengetahuan, modal skill, modal relasi / jaringan, dan modal hobi.

Mencari modal utama untuk membuka usaha kecil sangatlah susah  karena modal yang anda miliki harus dalam jumlah besar sehingga anda wajib memiliki modal pribadi agar aman dan nyaman dalam memulai usaha.

Lokasi atau tempat

Setelah anda memiliki cukup modal, selanjutnya anda harus berpikir tentang menemukan relasi atau teman untuk diajak bekerja dan lokasi yang strategis.

Carilah tempat yang strategis dan dekat dengan keramaian / kota serta dekat dengan jalan raya ( di pinggir jalan raya ) agar memudahkan lalulintas kendaraan masuk / melewati tempat anda jualan Atau jalan–jalan yang ramai dilalui oleh para pejalan kaki.

Mulai mencari bibit

Setelah 2 tersebut di atas lengkap, maka selanjutnya anda mulai mencari bibit ikan hias, carilah bibit ikan hias yang biasa – biasa saja terlebih dahulu (maksudnya adalah cari ikan hias yang populer di masyarakat sekitar anda tinggal ).

Kemudian setelah usaha anda berkembang pesat selama 1 tahun, barulah anda berpikir untuk mencari jaringan yang lebih besar.

Pemeliharaan

Setelah mengumpulkan bibit ikan yang bagus, maka anda harus memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan ikan hias tersebut dengan cara rajin mengontrol asupan makanan ikan hias anda hingga berukuran cukup besar dan usia dewasa.

Perhatikan pangan ikan yang baru dibibit dengan ikan yang sudah besar harus dibedakan. Mintalah saran kepada ahlinya.

Baca dan pelajari tentang pembibitan ikan hias

Poin ini adalah paling penting, yaitu sebelum anda memulai usaha bisnis ikan hias, sebaiknya anda wajib mempelajari dari awal tentang mekanisme ikan hias yaitu mulai dari pembibitan, perawatan, pemisahan ikan hias hingga usia penjulan.

Anda bisa mencari pada internet, buku atau mentor yang siap membantu anda. Selanjutnya kumpulkan teman–teman atau rekan kerja yang dekat dan sepemikiran dengan anda tentang kelanjutan bisnis ikan hias yang akan anda tekuni, siapa tahu mereka dapat membantu memasarkan.

Penjualan dan promosi

Erat kaitannya dengan keuntungan perusahaan, oleh sebab itu anda wajib mencari target penjualan yang paling mudah terlebih dahulu terutama untuk hobi anak – anak.

Anak – anak sangat suka dengan ikan hias, tak heran jika banyak dijumpai para orangtua yang mengajak mereka untuk jalan – jalan ke kompleks penjualan hewan – hewan kesayangan untuk mencari tentang produk ikan hias yang akan diberikan kepada mereka.

Buat promosi khusus buat anak – anak seperti promosi yang bersifat efekif adalah promosi tepat sasaran, lakukan melalui pemasaran online khusus promosi produk ikan hias melalui jejaring sosial, facebook, twitter dan iklan Google.

Hobi dan kegemaran

Terakhir adalah bisnis ikan hias erat kaitannya dengan hobi. Hobi merupakan salah satu faktor bisnis yang membuat usaha anda akan berjalan lancar atau sukses.

Bayangkan jika semua produk – produk anda gagal jual dan anda down, tentu kondisi buruk ini akan menyebabkan anda rugi dua kali yaitu secara material dan psikis.

Baca Artikel Lainnya :

Namun dengan hobi yang menyertai anda berbisnis, maka anda justru mampu bangkit lagi atau bahkan anda lupa terhadap musibah yang sedang melanda usaha anda sehingga anda mampu melupakan kerugian yang diderita.

Lantas bagaimana jika anda menjalankan usaha ikan hias tanpa hobi ? Mulailah mempelajari saran kami tersebut d atas sehingga bisa mengambil keputusan tepat saat perusahaan memerlukan. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *