Karakter Berikut Ini Yang Akan Membuat Anda Sukses Besar

Apa yang ada dalam benak anda saat membaca cerita – cerita pengusaha sukses di dunia seperti Steve Jobs, Bill Gates, sang pemilik Facebook, Mark Zukenberg atau pengusaha Indonesia sekelas Purdi E. Tjandra, Bob Sadino maupun menteri kita ibu Susi, pastilah terpikir bahwa mereka erat hubungannya dengan tenaga kerja yang banyak tersedia di Indonesia, dimana kekuasaan yang besar dan ketersediaan uang yang melimpah adalah modal utama untuk merintis sukses speerti orang – orang besar tersebut.

Siapa yang tak ingin seperti mereka, bagi para pebisnis junior, mereka adalah tokoh nyata yang patut untuk dijadikan panutan atau pantas ditiru, namun, ada faktor lain yang menjadi pendukung suksesnya anda berbisnis UKM yaitu kesuksesan mereka tidak dengan mudah bisa diraih, kuncinya adalah keyakinan.

Meskipun anda sering mengalami kegagalan, yang terpenting perlu diperhatikan adalah bagaimana anda dapat memperbaiki kondisi buruk tersebut untuk bisa bangkit kembali.

Maka dari itu, jika anda ingin seperti tokoh – tokoh sukses tersebut di atas, pelajarilah beberapa karakter pengusaha besar di sekitar anda yang mampu menjalankan bisnis mereka dengan sehat hingga menjadi perusahan besar berskala dunia.

1). Penuh Keyakinan

Apabila melihat sejarah suksesnya Thomas Alfa Edison pada jaman dulu, sebenarnya berawal dari rasa kurang yakin bahwa usaha yang ia rintis akan berhasil, mungkin kita di dunia ini tidak akan pernah bisa menikmati jasa lampu pijar yang hingga kini manfaatnya sangat besar.

Meskipun telah mengalami kegagalan berkali – kali, Edison tetap yakin bahwa kegagalan tersebut merupakan langkah awal untuk lebih dekat meraih keberhasilan. Seperti halnya mencontoh Harland Sanders yang berhasil menciptakan resep ayam gorengnya menjadi perusahaan besar bernama Kentucky Fried Chicken.

Beliau pernah mengalami kondisi buruk yaitu kegagalan berkali – kali karena banyak orang yang tidak begitu suka dengan konsep rumah makan ayam gorengnya (awal memulai bisnis).

Ada banyak kasus lainnya yang patut dijadikan cerita tentang bagaimana seorang pengusaha sukses justru sering mengalami kegagalan berulang kali tetapi mereka mampu bangkit kembali karena yakin bahwa Tuhan akan selalu membukakan jalan untuk keberhasilan mereka yang tekun dan serius menekuni sebuah bisnis.

Keyakinan tersebut bisa membantu jiwa dan raga seseorang untuk bersatu dengan tujuan pencapaian impian, hasrat dan  keinginan mereka. Ketika anda benar – benar merasa yakin, maka kemungkinan besar anda akan menajdi lebih fokus terhadap satu jalan yang memudahkan anda lebih konsentrasi dalam menjalani tahapan demi tahapan bisnis anda.

Namun, saat keraguan mulai meyerang, maka anda akan harus bisa berpikir jernih untuk mengevaluasi kemungkinan – kemungkinan kenapa anda mengalami kegagalan. Sikap ini merupakan salah satu karakter untuk menumbuhkan rasa percaya diri.

2). Fokus

Anda bisa mempelajari kasus yang kami ulas berikut : Andi adalah seorang pemuda belia yang berhasrat ingin belajar tentang desain pemrograman web. Ia memutuskan fokus belajar pada satu ilmu saja yang berhubungan dengan IT.

Sementara teman dekatnya Aldo juga memiliki keinginan yang sama, tetapi pada kondisi tertentu ia lebih tertarik dengan ilmu lain seperti sastra, ekonomi dan lainnya. Melihat kasus tersebut di atas, apabila anda ditanya, siapakah yang akan lebih ahli menguasai bidang pemrograman ? Siapa yang akan lebih sukses dibidang pemrograman ? Dan siapa yang lebih kredibel dibidang pemrograman ? Pada beberapa orang awam mungkin sepakat bahwa Andilah yang memiliki kemungkinan untuk menjawab semua pertanyaan tersebut.

Sama halnya dengan bisnis, ketika seseorang berniat akan mencoba membangun sebuah bisnis skala kecil, usahakan untuk fokus pada satu bidang bisnis saja. Seperti beberapa pengusaha sukses yang menekuni dua bidang berlainan jenis tetapi karena mampu fokus pada usaha yang mereka tekuni, mereka berhasil membangun bisnis mereka dengan lancar.

Atau mencontoh suksesnya Larry Pages, ia lancar menjalankan perusahaan internet raksasa bernama Google, sekaligus bisa fokus mengerjakan bisnisnya tersebut dalam satu bidang saja.  Mencontoh kondisi tersebut di atas, apakah anda bisa fokus terhadap satu jenis bidang usaha saja, sehingga mampu mengoptimalkan tenaga, energi dan waktu yang tersedia dalam membangun bisnis jangka panjang.

Berbeda dengan pengusaha lainnya yang kurang fokus dalam menjalankan berbagai jenis bisnis karena dilandasi oleh pondasi yang lemah, maka yang terjadi adalah kemungkinan anda akan kekurangan sumber dana, waktu yang sangat terbatas, serta tidak tersedianya tenaga yang akan mengelola bisnis anda hingga menjadi maju.

Apabila hal tersebut mampu anda penuhi maka hanya dengan bermodal 1 juta rupiah saja sudah bisa membuka satu jenis bisnis UKM disertai pengembangannya dengan lebih marketable. Berbeda saat anda memiliki modal satu juta rupiah untuk menjalankan lima bisnis, maka anda harus pandai membagi dana tersebut untuk kelima bisnis UKM yang akan anda jalani seperti menekuni bisnis angkringan.

Efisiensi waktu, tenaga dan modal akan dengan mudah anda dapatkan jika mampu fokus dalam membangun lebih dari satu jenis bisnis asalkan bisa melakukan ekpansi usaha terhadap jenis usaha lainnya.

Tetapi disarankan untuk serius menjalankan satu usaha saja ( bagi para pemula ) agar bisnis tersebut mampu meraup pelanggan dalam jumlah besar dan loyal. Saat dirasa bisnis anda telah berdiri dengan kuat, maka anda boleh berniat mencoba jenis bisnis lainnya. Demikian ulasan singkat dari kami, semoga dapat membantu anda !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tutorial Bisnis dan Internet Marketing © 2018 Frontier Theme