Langkah-Langkah Dalam Memulai Usaha Telur Bebek Asin

Langkah-Langkah Dalam Memulai Usaha Telur Bebek Asin – Satu lagi jenis peluang bisnis rumahan bagi anda yang sedang kebingungan mencari ide awal untuk memulai bisnis UKM adalah dengan menekuni bisnis telur asin yang memiliki prospek cerah di masa depan karena masyarakat di Indonesia gemar mengkonsumsi telur asin yang bernilai gizi cukup tinggi.

Telur merupakan salah satu pendamping nasi yang berasa gurih dan mudah diolah menjadi beragam sajian olahan dari telur. Namun anda jangan lupa dengan fakta bahwa telur sangat mudah rusak apalagi dari jenis telur bebek.

Maka dari itu, saat ini para ibu rumah tangga banyak yang beralih mengkonsumsi telur asin yang lebih awet berkat melalui proses penggaraman.

Untitled

Sehingga telur bebek asin menjadi celah bagi para pebisnis untuk mengembangkannya menjadi peluang bisnis yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Apa saja yang harus anda lakukan jika berniat membuka usaha telur bebek asin :

1). Persiapan Awal

Pastikan kondisi semua telur yang akan digunakan sebagai telur asin dalam kondisi baik ( tidak busuk ). Langkah awal pembuatan telur bebek asin adalah dengan merendam semua telur di dalam air dingin.

Pilihlah telur yang bisa tenggelam utuh ke dasar wadah sebab hal tersebut menandakan bahwa kualitas telur masih layak untuk dikonsumsi (bagus).

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bahan–bahan yang hendak dipakai, tergantung pada cara pembuatan telur asin yang akan anda pilih.

2). Metode Pembuatan Telur Asin

Pada umumnya proses membuat telur asin di Indonesia melalui tiga metode yakni perendaman dalam larutan garam, pemeraman dengan adonan garam serta perendaman dengan adonan garam.

Ketiga cara tersebut dapat anda pilih salah satu diantaranya untuk memudahkan anda dalam melakukan pengasinan telur. Metode pertama adalah dengan melakukan perendaman telur – telur pilihan ke dalam larutan garam.

Prosedurnya bisa anda mulai dengan merendam telur berkualitas terbaik dalam larutan air garam yang sudah bersuhu dingin.

Lama perendaman kira–kira tujuh hingga sepuluh hari. Cara ini merupakan metode paling mudah dan sederhana untuk dilakukan. Meskipun demikian, anda tetap mendapatkan kualitas rasa yang sempurna yaitu asin dan gurih.

Metode selanjutnya yang bisa anda pilih adalah dengan melakukan pemeraman telur dengan menggunakan adonan garam. Adonan ini bisa dibuat berupa campuran bubuk bata merah dan garam, atau campuran abu gosok dan garam.

Cara membuat adonan ini sangat mudah, campurkan bubuk bata merah ataupun abu gosok dengan garam bubuk dalam satu wadah. Setelahya tambahkan air secukupnya hingga membentuk adonan pasta.

Barulah anda balurkan ke seluruh permukaan telur dan simpan ke dalam wadah tertutup seperti ember. Lama penyimpanan berkisar antara satu hingga dua minggu.

Apabila target konsumen adalah mereka yang kurang menyukai rasa asin yang tak berlebihan, sebaiknya panen telur asin setelah masa tujuh hari.

3). Cara Membuat Telur Asin

Tahap akhir adalah denga merendam telur pada adonan garam. Cara ini sangat praktis dilakukan sebab anda tak perlu lagi membaluri satu per satu butiran telur dalam jumlah besar dengan adonan garam.

Metode ini menuntun anda untuk menyusun secara rapi dan hati – hati telur dalam sebuah wadah, kemudian tuangkan adonan garam yang telah menyerupai pasta ke dalam wadah tadi sehingga semua telur tertimbun dengan sempurna.

Barulah tutup wadah dan tunggu masa panen mencapai tujuh atau sepuluh hari. Agar mendapatkan rasa telur yang sempurna, adonan garam yang anda buat haruslah lebih banyak dibandingkan dengan adonan pada metode kedua tersebut di atas.

4). Membidik Pasar.

Setelah penen tiba, besihkan semua telur asin dari adonan garam yang mulai mengering. Selanjutnya, kemas telur untuk disalurkan pada pengecer atau jual titip dan jual langsung pada tempat – tempat yang strategis.

Baca Artikel Lainnya :

Prospek bisnis telur asin memang menjanjikan untuk anda tekuni karena harga dan rasa yang khas dari telur – telur tersebut akan membuat permintaan pasar selalu naik setiap tahun.

Industri telur asin mampu memegang peranan terpenting dalam memenuhi kebutuhan protein dan lemak masyarakat hingga mencapai angka 2,08%. Angka ini masih bisa diperbaiki dengan menerapkan inovasi pembuatan telur asin terbaru yang terus berkembang. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tutorial Bisnis dan Internet Marketing © 2018 Frontier Theme