Manfaatkan Barang Sekar ! Yuk Bisnis Daur Ulang

Masalah sampah era sekarang tetap saja seperti dahulu, belum mendapatkan jalan keluar yang tepat sehingga lingkungan masih terlihat amburadul dengan adanya penumpukan sampah di sekitar tempat tinggal anda.

Tumpukan plastik, tumpukan koran dan kertas maupun kemasan pembungkus beragam produk lainnya yang ada di sekitar rumah telah menjadi penambah koleksi sampah yang amat mengganggu kenyamanan anda tinggal di rumah.

Namanya sampah, pastilah merupakan barang buangan yang telah dianggap sebagai benda tak berharga apalagi memiliki manfaat, hanya membuat kotor saja.

Namun, jika anda mempunyai ide – ide kreativitas yang tinggi maka sampah – sampah tersebut bisa anda sulap menjadi beragam macam produk kerajinan tangan yang unik, cantik dan memiliki nilai jual dalam jumlah cukup tinggi.

Untitled

Kebiasaan buruk masyarakat Indonesia adalah sembarangan membuang sampah terutama pada saat anda menghabiskan suatu produk makanan, minuman atau perlengkapan rumah tangga, dipastikan anda akan membuang pembungkusnya begitu saja setelah isinya habis.

Padahal jika anda pandai menyermati, kemasan–kemasan tersebut jangan dibuang begitu saja, mereka dapat dimanfaatkan, plastik tersebut ternyata masih mempunyai nilai jual yang cukup lumayan.

Sebagai gambaran adalah harga per buah sampah plastik jenis PP ( polipropilena ) yang digunakan untuk wadah aki adalah berkisar antara Rp 19.000,00/kg.

Sedangkan limbah wadah tersebut dihargai dengan nilai Rp 10.000,00 hingga Rp 15.000,00/kg. Jika anda mampu mengumpulkan wadah aki sebanyak 1 ton dalam beberapa bulan, anda dapat menghasilkan uang sekitar Rp 10 juta sampai Rp 15 juta selain pendapatan dari sampah jenis lainnya.

Selain itu, saat ini di Indonesia juga ada pengusaha yang melakukan refurbish terhadap limbah aki sehingga bisa dipakai kembali.

Harganya berkisar antara Rp 75.000/unit aki. Jika anda berhasil mengumpulkan 100 unit aki bekas saja, maka anda sudah mendapatkan uang Rp 7,5 juta. Pendapatan tersebut belum dihitung limbah plastik botol atau limbah plastik lainnya yang memiliki nilai jual hampir sama.

Apakah anda penasaran ingin menekuni bisnis ini ? Cara memulai usaha daur ulang barang bekas berupa plastik bisa membaca petunjuk praktis kami di bawah ini sebagai langkah awal agar anda bisa mengambil keputusan selanjutnya : untuk memulai usaha daur ulang dari sampah plastik, maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi.

Pada umumnya sampah adalah benda kotor yang pastinya menjijikkan dan berbau, maka anda membutuhkan tempat yang luas, kering dan cukup jauh dari pemukiman penduduk serta pastikan anda sudah memiliki surat ijin usaha dan persetujuan dengan lingkungan sekitar.

Selanjutnya adalah anda membutuhkan mesin, antara lain mesin pemecah, pemilah, pemotong, pencacah, sistem pencucian ( pembersihan ) dan mesin pengering.

Buatlah alur transportasi termudah dari klien anda menuju ke tempat daur ulang sampah anda seperti termasuk menyediakan bak sampah hingga ke klien anda dan truk berjalan untuk mengumpulkan dan mengambil sampah – sampah yang ada dan kemudian membawanya ke pabrik daur ulang milik anda.

Baca Juga :

Terakhir, promosikan bisnis anda kepada daerah – daerah, atau lingkungan – lingkungan yang sedang memerlukan daur ulang sampah atau perusahaan manufaktur plastik skala besar yang membutuhkan plastik daur ulang khusus sampah plastik.

Usaha daur ulang sampah plastik selain bisa mendatangkan keuntungan bagi si pelaku bisnis, juga dapat memberikan dampak positif terhadap kebersihan lingkungan.

Demikianlah sekilas tentang cara memulai bisnis UKM daur ulang sampah plastik. Semoga bisa membantu memperlancar usaha anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tutorial Bisnis dan Internet Marketing © 2018 Frontier Theme