Raih Pendapatan Tambahan Dengan Membuka Jasa Les Privat

Raih Pendapatan Tambahan Dengan Membuka Jasa Les Privat – Usaha rumahan berupa bimbingan belajar saat ini mulai marak dilakukan oleh para mahasiswa/wi atau ibu rumah tangga dengan ijazah S2 setelah diberlakukannya keputusan pemerintah RI yang terkait dengan standar kelulusan.

Dengan batas nilai kelulusan tertentu yang menjadi harga mati untuk lulus atau tidaknya siswa/wi di almameter (SD, SMP maupun SMA) akan menjadikan para orangtua berlomba – lomba untuk menambah jam pelajaran terhadap anaknya di lembaga bimbingan belajar baik yang bertaraf nasional seperti Primagama dan Neutron, maupun tingkat kecil di pedesaan.

Ide untuk membuka usaha rumahan bimbingan belajar dengan modal kecil harus memperhatikan hal – hal di bawah ini : persiapan dari rumah.

Untitled

Sebelum anda memulai membuka usaha rumahan les privat, ada baiknya anda harus jitu memilih jenis bimbingan belajar seperti apa yang cocok untuk dibuka. Secara garis besar bimbingan belajar di bagi menjadi tiga kelompok yakni :

1). Bimbel Klasikal

Lokasi bimbingan ini adalah pada satu tempat dengan jumlah murid tanpa batas yaitu bisa mencapai puluhan siswa. Persis menyerupai sekolah – sekolah formal.

Jika anda memiliki ruangan kosong yang luas d rumah, bisa anda gunakan untuk menampung beberapa jumlah siswa/wi, sehingga anda bisa membuka les privat jenis bimbel klasikal. Kelebihan model ini adalah terletak pada hasil yang diperoleh lumayan besar karena banyaknya murid yang bisa anda ajar.

Namun, diperlukan keahlian dan kesabaran untuk membimbing mereka dengan beragam karakter murid dimana anda dituntut harus mengerti kemampuan mereka yang berbeda – beda. Usahakan menyusun manajemen keuangan yang jelas.

Kurikulum, RPP dan evaluasi yang baik dengan tujuan agar dalam mengajar anda mampu mengarahkan mereka hingga benar- benar mencapai target.

Selanjutnya diperlukan tahap evaluasi yang bermanfaat sebagai indikator keberhasilan pembelajaran untuk menentukan langkah anda selanjutnya. Tarif bimbel ini ditentukan per bulan.

Tidak memperhitungkan absen keberadaan si murid apakah hadir atau tidak karena alasan tertentu. Hitungan diberlakukan per bulan selama si murid masih terdaftar sebagai peserta anak didik. Rata – rata tarif mereka adalah Rp. 50.000/bulan untuk masing – masing murid.

2). Bimbel Les Privat

Model usaha rumahan bimbel jenis ini mempunyai banyak kelebihan karena terdapat kemudahan hubungan antara guru dengan muridnya, dimana anda hanya bertugas memantau satu siswa/wi saja agar mereka benar – benar berniat meningkatkan hasil belajarnya di luar sekolah.

Maka dari itu, dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi dan lebih rumit. Di samping itu, hasilnya kurang besar jika dibandingkan les klasikal kecuali tarif les privat ditentukan besar pada awal perjanjian dengan perbandingan 1 anak les privat sama dengan 10 anak les klasikal.

Jika anda ingin usaha les privat anda berkembang ke dalam skala besar maka sebaiknya memilih usaha rumahan les klasikal saja. Untuk tarif bimbel privat, pada umumnya dikenai per pertemuan namun bisa dibayarkan perbulan.

Contohnya, per pertemuan anda memasang tarif Rp. 30.000 /  pertemuan. Anda mengajar 3 x dalam seminggu. Maka dalam satu bulan untuk satu anak didik, anda mendapatkan 12 x 30 rb rupiah jika full mengajar adalah sebesar Rp. 360.000 / bulan.

3). Bimbel Semi Klasikal – Privat

Jenis ini sebenarnya menyerupai les klasikal dimana anda tidak hanya mengurus satu anak didik saja namun beberapa murid.

Bedanya adalah anda hanya menerima murid dalam jumlah dbatasi yaitu maksimal 5 anak. Usaha rumahan ini terbilang mudah untuk dilakoni dan hasil pencapaian nilainya lebih tinggi yaitu dengan bayaran cukup besar dari klasikal dan lebih kecil dari les privat murni.

Untuk lebih jelasnya kami berikan contoh, misalkan anda memasang tarif Rp. 20.000 / anak dengan jumlah siswa 5 anak dan anda mengajar untuk satu kelas 12 x pertemuan selama satu bulan, maka anda akan mendapatkan hasil sekitar 20.000 x 5 x 12 = 1, 2 juta rupiah untuk satu kelas.

Di samping itu, anda wajib menentukan mata pelajaran apa saja yang akan diajarkan, kelas berapa, pada tingkatan pendidikan yang mana akan anda ajarkan dan hindari mengajar mata pelajaran yang kurang anda kuasai.

Baca Artikel Lainnya :

Untuk pemula dan awalan, ajarkan materi atau pelajaran yang paling anda kuasai (berlatarbelakang pendidikan anda semasa kuliah) agar anda mampu mendorong siswa/wi dalam upaya mereka menaikkan nilai di sekolah.

Dengan nilai siswa yang bagus, maka anda akan memperoleh kredibilitas sehingga bimbel anda akan ramai dikunjungi meskipun tidak memasang iklan promosi secara resmi.

Semoga saran kami tersebut di atas bermanfaat, selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tutorial Bisnis dan Internet Marketing © 2018 Frontier Theme