Tips Praktis Agar Toko Kelontong Tidak Rugi

Meskipun saat ini sudah banyak berdiri minimarket di kota – kota besar hingga ke pelosok desa, tapi keberadaan toko kelontong sejak dulu tak pernah surut.

Bisnis ini mampu menjangkau tempat yang tidak terjangkau sekalipun oleh keramaian orang – orang seperti di perkampungan -perkampungan, gang – gang kecil yang target pasarnya adalah tetangga dan orang di lingkungan sekitar.

Agar toko kelontong yang akan anda rintis tidak rugi, maka anda harus mempelajari tips praktis membuka usaha toko kelontong yang tepat untuk anda lakoni sebagai salah satu bentuk usaha sampingan yang bisa anda lakukan dari rumah sekaligus bisa mengurus keluarga.

cats

1). Pilih lokasi yang strategis, carilah tempat membuka toko kelontong yang tidak terlalu berdekatan jarak dengan toko kelontong atau minimarket jenis yang sama, karena bisa memicu persaingan yang kurang sehat.

2). Buatlah tempat yang mampu menarik calon pembeli. Anda bisa memanfaatkan bagian dari rumah anda di pinggir jalan besar seperti garasi atau teras rumah bahkan halaman rumah untuk membuat sepetak ruangan sebagai toko kelontong dimana hal ini selain membantu para calon pembeli mudah melihat toko anda juga bisa menekan biaya modal awal untuk penyediaan ruangan.

3). Gunakan etalase dari kaca atau kayu untuk menyusun barang – barang dagangan semenarik mungkin dalam toko kelontong anda. Besarnya etalase harus diperkirakan dengan tepat seperti berapa banyak barang yang akan anda jual.

4). Dapatkan agen atau distributor barang yang sifatnya lebih murah (dari tangan pertama) dan berkualitas. Disarankan untuk mensurvey sendiri beberapa agen atau distributor.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan terjebak dengan harga murah, tetapi cari barang yang berkualitas dan barulah memikirkan soal harga.

5). Susunlah daftar barang yang akan anda jual pada toko kelontong dan buatlah prioritas barang – barang apa saja yang akan cepat laku dijual, maka dari itu anda harus mempunyai stok yang lebih banyak tetapi jangan sampai berlebihan.

6). Selalu cek ketersediaan barang agar stok selalu tersedia untuk barang – barang cepat laris.

7). Komitmen anda sebagai pebisnis. Usahakan untuk membuka toko di pagi hari, sempatkan datang ke toko dan melayani pelanggan dengan ramah meskipun anda sudah mempunyai karyawan yang membantu anda hingga sore, anda tetap harus berada di toko dan melayani pelanggan, karena pada dasarnya mereka lebih suka dilayani langsung oleh si pemilik toko.

Demikian info dari kami, semoga bermanfaat !

Baca Juga : Anda Memiliki Banyak Motor : Berikut Tips Usaha Rental Sepeda Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *